Ingin Membuat Bisnis? Ini Cara Memulai Bisnis Dari Nol!

  • July 21, 2020

Namun, bukan berarti bahwa endurance bisnis tidak bisa dilatih atau dibangun. Buktinya, pengusaha yang sekarang sukses, umumnya bisa bertahan dan lolos dari masa – masa paling kelam. Promosi adalah salah hal wajib yang harus Anda lakukan untuk mengenalkan produk ke calon pelanggan. Semakin sering Anda melakukan promosi, semakin banyak orang yang mengetahui tentang produk yang Anda miliki.

Sehingga saat harus mengecek alur transaksi, si pemilik usaha sering kebingungan karena uang yang masuk dan keluar sudah saling tumpang tindih. Dalam membangun usaha, agar berkelanjutan, perlu mempertimbangkan sumber permodalan, apakah akan meengandalkan modal sendiri (bootstrapping) atau mencari investor. Berhasil tidaknya usaha salah satunya tergantung dari produk yang dijual. Sebaliknya, jika bisnis dilakukan karena harapan akan kekayaan semata, ketika muncul tantangan atau kesulitan, yang niscaya pasti ada dalam usaha, semangat pantang menyerah mudah luntur.


Salah satu rahasia kesuksesan adalah “proses belajar”. Jadilah orang yang selalu terbuka terhadap kritik dan nasihat dari orang lain. Cobalah untuk melakukan evaluasi terhadap kekurangan diri pada saat berbisnis. Ibarat kata, sambil menyelam minum air, begitulah kira-kira peran para dropshipper yang menjual produk orang tapi dengan brand sendiri. Dalam bisnis dropship kecepatan merupakan kunci dasar yang bisa membuat toko Anda terlihat lebih menonjol dibandingkan kompetitor.

Jika masih terdapat ruang dan kinerjanya tercatat baik, jangan ragu memberi insentif atau bonus untuk memompa semangatnya, begitu pula sebaliknya. Karena menurut Forbes, pekerja adalah investasi yang sangat penting untuk bisnis Anda. Mencatat kinerja dan prestasi mereka sangat disarankan dan bisa membantu Anda membuat keputusan bisnis di masa mendatang. Biasanya karena merasa uang berasal dari sumber yang sama dan akan berujung sama, biaya yang seharusnya untuk keperluan bisnis terkadang tercampur aduk dengan pengeluaran pribadi.

Dalam hal promosi, agar tidak terlalu banyak uang yang dikeluarkan, maka target promosi haruslah tepat. Anda dapat mencoba mempromosikan produk Anda melalui Facebook Ads atau Google Adwords, kedua platform tersebut dapat menentukan target sesuai apa yang Anda inginkan. Walaupun bisnis yang dijalani hanya sekelas rumahan saja, namun Anda juga perlu menguasai administrasi walaupun hanya sederhana. Selalu lakukan pencatatan administrasi dengan tertib walaupun nilainya terbilang kecil dan jangan pernah mencampurkan keuangan milik pribadi dengan bisnis. Salah satu pondasi utama untuk kelangsungan bisnis yang akan Anda jalani agar bisa sukses adalah masalah administrasi.

Maka dari itu, alangkah baiknya jika Anda menguji terlebih dahulu kinerja penjual dengan cara melakukan order perobaan. Apabila mereka tidak bisa memenuhi ekspektasi Anda dalam hal kecepatan, lebih baik jangan diteruskan dan cari suplayer lain yang memiliki komitmen lebih baik pada kecepatan pengiriman. Sebagai seorang penjual, dropshipper juga bakal berurusan dengan produk return atau pengembalian barang. Kriteria memilih suplayer yang baik bisa dilihat dari beberapa komponen, seperti kecepatan respon pelanggan, jarak toko dengan lokasi tempat kita tinggal, serta rekam jejak penjual. Jangan hanya mengambil patokan dari harga murah yang ditawarkan, tapi juga perhatikan juga poin-poin di atas agar bisnis Dropshipper kita bisa sustainable dalam waktu lama.

Tidak ada syarat khusus untuk menjadi seorang dropshipper. Anda hanya perlu mengasah kemauan dan keinginan untuk terus belajar agar konsumen yang menjadi target Anda semakin berkembang. Berawal dari ikut-ikutan dan rasa penasaran, akhirnya penulis pun mulai mencoba menekuni usaha dropship dengan menjual berbagai pernak-pernik kebutuhan komputer. Tak disangka, hasilnya ternyata lumayan menjanjikan bahkan lebih besar dari uang jajan bulanan, padahal modal awal yang dibutuhkan terbilang kecil. Kejadiannya kira-kira sekitar 3-4 tahun lalu ketika penulis masih duduk di bangku kuliah.

hilda

E-mail : admin@safsudan.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*