Contoh lagu Macapat Pocung

  • July 13, 2020

Karena watak dari tembang pocung ini lebih dari satu, maka pada setiap tembang pucung mempunyai karakter atau watak yang berbeda antara satu tembang dengan tembang yang lain. Watak tembang macapat Pucung adalah sembrana parikena, pada umumnya dipakai untuk menceritakan situasi yang ringan, jenaka / teka-teki. Meski ringan lalu jenaka, namun dalam tembang ini membawa pesan yang berisi nasihat-nasihat untuk membangun hubungan harmonis antara manusia, alam, lingkungan dan Tuhannya.

Berikut ini adalah salah satu contoh macapat Pucung beserta artinya yg diambil dari Serat Wedhatama karya Gusti Pangeran Adipati Arya Sri Mangkunegoro 4, Raja Surakarta. Dalam lagu Pucung ini memuat seluruh pesan tentang pentingnya seseorang menuntut ilmu secara kekta. Ilmu tidak hanya dikuasai melalui hafalan semata, namun harus benar-benar dikuasai, dimengerti dan dijalankan dengan kesungguhan dalam kehidupan nyata. Ucapan cung dalam kata pocung cenderung mengarah pada situasi yang bersifat lucu, yang dapat menimbulkan kesegaran, misal kucung dan kacung. Lagu pucung ini sering dipakai untuk menceritakan lelucon serta berbagai nasehat.

Ada tembang macapat yang melambangkan watak duka atau sedih, nasehat, percintaan, kasih sayang, kebahagiaan dan lainnya. 3# Tembang Macapat berisi nasehat, sopan santun, dongeng, cerita wayang, dan sejenisnya.

Posisi Pocung sebagai lagu terakhir dari urutan Macapat bisa dikatakan sebagai penutup dari sebuah perjalanan hidup. Seiring berakhirnya napas, seseorang biasanya akan diliputi duka dan penyesalan. Menyesal karena tidak memanfaatkan waktu dalam diberikan semasa hidup oleh baik.

Filosofi tembang macapat Durma mengajarkan agar dalam kehidupan, manusia dapat saling memberikan dan saling melengkapi 1 sama lain. Kita perlu untuk menjaga nilai saling menolong kepada siapa aja dengan ikhlas. Filosogi tembang Sinom mengandung penggambaran dri seorang manusia yang beranjak dewasa, dan telah jadi seorang pemuda / remaja yang bersemi. Menjadi seorang remaja, berarti ia bertugas untuk menuntut ilmu sebagus dan setinggi mungkin tuk dijadikan bekal kehidupannya kelak. Selain itu, jika dilihat dari wataknya, masing ~ masing tembang macapat terkait juga melambangkan watak / karakter tersendiri.

Dibandingkan dengan dalam lain, Pocung merupakan tembang Macapat yang memiliki sifat jenaka. Biasanya di dalamnya terdapat semacam tebakan, lalu sebagai pembaca atau pendengar akan menebak sendiri jawabannya.

Jadi, isi dari tembang macapat dapat bersifat fleksibel, bahkan sanggup untuk mengungkapkan rasa, selama untuk tujuan positif. Hal ini karena jika kalian memiliki buku tentang tembang mocopat, buku tersebut sangatlah tebal banget. Namun yang akan saya tulisnya yang saya tau-tau saja, beserta artinya meskipun tidak semuanya. Mulai untuk yang memiliki makna nasehat, lingkungan, hewan, sampai pendidikan. Tembang ini sangat sederhana sampai-sampai jika kita mendengarkannya 2 sampai 3 kali saja dijamin akan segera hafal.

hilda

E-mail : admin@safsudan.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*